Memberikan Zakat Fitrah Kepada Saudara Yang Kurang Mampu?

Soal: Assalamu ‘Alaikum, jika saya zakat fitrah ke saudara saya yang kurang mampu seperti kakak dari Bapak saya (Pakde), bagaimana hukumn... thumbnail 1 summary

bulog_pasarkan_beras_berlabel_ulos

Soal:

Assalamu ‘Alaikum, jika saya zakat fitrah ke saudara saya yang kurang mampu seperti kakak dari Bapak saya (Pakde), bagaimana hukumnya?

02199265581

Jawab:

Alhamdulillah, shalawat dan salam atas Rasulillah, keluarga dan para shahabatnya. Wa’alaikumus Salam, saudara penanya.

Zakat fitrah atau zakat maal boleh diberikan kepada kerabat yang fakir. Bahkan memberikan zakat kepada kerabat yang seperti itu lebih utama daripada ke orang jauh. Karena memberikan zakat ke kerabat bernilai sedekah dan silaturahim. Ini dengan syarat bukan dalam rangka menyelamatkan harta supaya tidak lari keluar dan kerabat tersebut bukan termasuk orang yang menjadi tanggungan dirinya dalam urusan nafkah. Jika ia menjadi tanggungannya maka tidak boleh diberikan kepadanya seperti kakek, keponakan, paman, dan lainnya yang menjadi tanggungannya.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

صدقتك على ذي رحمك صدقة وصلة

“Sedekah mu kepada kerabatmu adalah sedekah sekaligus penyambung silaturahim.’” (HR. Ahmad, al-Tirmidi, al-Nasai, Ibnu Majah, dan lainnya)

Hadits di atas dikuatkan dengan jawaban Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam atas pertanyaan Zainab, istri Abdullah bi Mas’ud tentang sedekah yang ia berikan kepada suaminya yang miskin, “Ya, ia memiliki dua pahala: pahala menjaga hubungan kekerabatan dan pahala sedekah.” (Muttafaq ‘Alaih)

Maka Zakat fitrah Anda kepada Pakde Anda itu dibolehkan, jika beliau termasuk orang miskin dan bukan menjadi taggungan Anda dalam urusan nafkahnya. Wallahu a’lam. [Badrul Tamam/voa-islam]

- See more at: http://www.voa-islam.com/read/konsultasi-agama/2014/07/23/31771/memberikan-zakat-fitrah-kepada-saudara-ayah-pakde/#sthash.5uuXTGQQ.dpuf

No comments

Post a Comment